Sunday, January 10, 2016

SUCI UTAMI, Pemilik Brand Fashion Muslim SUCHbySUCHI



Ibu muda berusia 26 tahun ini dalam waktu relatif singkat sudah berhasil mengembangkan toko online yang menjajakan produk fashion muslimah. Tak hanya di negeri sendiri, ibu satu anak ini juga punya pelanggan tetap di sejumlah negara.

Suci memulai bisnis online-nya di awal tahun 2011. Kala itu ia baru saja menikah. Kebetulan suaminya yang hendak melanjutkan kuliah S2 ke Selangor, Malaysia, langsung membawanya pindah ke sana. Awal tinggal di Selangor, ia belum memiliki teman karena masih beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Saat itu ?teman?nya hanyalah laptop dan koneksi internet. Dari situlah akhirnya ia terpikir untuk mengisi waktu dengan berbisnis online.

Kebetulan, sebelumnya Suci sudah punya blog pribadi sejak tahun 2008. Dan Sejak tahun 2010, ia juga sudah memutuskan memakai jilbab. Sejak itu, ia makin sering menulis tentang fashion hijab di blog-nya. Ia banyak membaca dan terinspirasi dari desainer lain seperti Dian Pelangi, lalu materinya ia tuangkan ke dalam blog. Selain itu, ia juga kerap menulis berbagai tips, antara lain bagaimana mengenakan kerudung yang baik, informasi tentang busana muslim, dan masih banyak lagi. Pengunjung blog-nya pun lumayan banyak juga, bahkan tak sedikit yang merespon.

Dengan modal tulisan di Blog-nya itu, Suci pun terpikir bahwa kegiatannya itu bisa menjadi peluang bisnis, hingga akhirnya ia menetapkan langkahnya untuk berbisnis online di bidang fashion muslimah. Walau tidak memiliki latar belakang dunia fashion, namun sejak kecil Suci sudah suka menggambar dan di usia remaja, semakin gemar menggambar fashion. Suaminya pun sangat mendukung, saat ia mengungkapkan keinginannya untuk membuka toko online fashion muslimah. Tak lama kemudian, dia pun segera pulang ke Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya itu.

Tak hanya mendapat dukungan dari suami. Sang ibunda dan adiknya pun turut mendukung keputusannya. Di awal berbisnis, ia mengeluarkan produk cotton cloth pashminaatau pashmina berbahan katun. Pashmina yang berasal dari bahasa Persia adalah kain wol yang bentuknya panjang seperti selendang, hingga bisa dijadikan kerudung, dan menjadi item fashion muslim yang menarik.


Pada waktu itu, pashmina memang sedang trend di Indonesia tapi belum banyak yang membuatnya. Suci pun memulainya dengan mencari bahan yang bagus dan penjahit. Lewat seorang teman, ia diperkenalkan dengan seorang penjahit di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Walau cukup jauh dari rumahnya di Cinere, Depok, tapi ia langsung cocok dengan penjahit itu, karena cutting-nya bagus, dan harganya juga tidak terlalu mahal.

Suci tentu saja harus membuat produk yang beda. Ia memilih ciri khas warna-warna terang, bahannya sengaja dipilih katun agar nyaman dipakai, dan ukurannya juga cukup besar. Inilah yang kemudian menjadi ciri khas produknya. Untuk tes pasar, ia membuat lima warna masing-masing 10 pieces. Modal yang ia keluarkan tidak terlalu besar, hanya sekitar Rp 5 juta. Selanjutnya, ia pun resmi membuka toko online dengan nama suchbysuchi.blogspot.com

Suci pun membuat sendiri desain toko online-nya. Baginya tidak terlalu sulit. Ia hanya menggunakan template yang sudah ada. Selebihnya, untuk meng-edit tampilan, ia belajar sendiri dengan bantuan mesin pencari Google. Yang unik, untuk menampilkan produk di toko online-nya itu, Suci sendiri yang menjadi modelnya. Ia memakai pashmina buatannya, lalu meminta bantuan sang adik atau suaminya untuk memotretnya. Selanjutnya, foto itu ia unggah di Blog.



Suci pertama kali memperkenalkan produknya pada tanggal 10 Maret 2011. Langkah berikutnya, mempromosikan toko-nya. Oleh karena ia sudah memiliki blog tentang fashion dan juga punya facebook, serta follower di twitter yang cukup banyak, maka untuk mencari massa bukanlah hal yang terlalu sulit. Ia tinggal mengabarkan ke relasinya di berbagai jaringan social media itu. Dan memang benar, ia pun banyak mendapatkan customer dari sana. Baru bulan-bulan awal merintis usaha saja, pesanan sudah mengalir dengan lancar. Untuk mengurusi bisnisnya itu, Suci pun harus rela setiap minggu bolak-balik Jakarta- Selangor.



Suci pun semakin giat berpromosi lewat media sosial. Semua instrumen media social ia gunakan, mulai facebook, twitter, instagram, dan blog. Dengan harga produknya Rp 55 ribu per pieces, pesanan pun semakin banyak yang datang. Ia sampai harus dibantu dua adiknya untuk mengelola pesanan, dari mulai mengepak barang sampai pengantaran. Awalnya Suci masih memakai sepeda motor untuk mengantar pesanan, namun saat ini ia sudah harus membawa mobil karena bahan yang akan dikirim, sudah bertumpuk-tumpuk.

Suci juga mulai merekrut tenaga kerja yang bisa dipercaya untuk mengelola toko online-nya. Ia sadar, dengan semakin banyaknya customer yang didapatkan, ia sudah tidak bisa mengontrol usahanya sendirian. Selanjutnya, ia juga berpikir untuk mempunyai penjahit sendiri. Akhirnya, ia pun mulai merekrut tenaga penjahit. Sampai saat ini ia sudah mempunyai lima penjahit, dan memiliki 10 orang karyawan.

Pembeli produknya datang dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Bahkan sudah ada juga reseller di berbagai kota di Indonesia. Ia pun memiliki pelanggan tetap dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Itu sebabnya, untuk rekening pembayaran ia pakai beberapa ATM, termasuk bank Malaysia untuk memudahkan melakukan pembayaran. Di awal 2012, setelah suaminya merampungkan kuliahnya, Suci pun kembali ke Jakarta. Lalu, bersama suaminya, ia bertekad untuk semakin mengembangkan usaha ini.

Target pasar produknya adalah anak kuliah sampai ibu-ibu muda. Selain memproduksi pashmina, ia juga membuat inner ninja,-sebutan untuk dalaman kerudung. Tak lupa, ia juga melangkah membuat busana muslimah, hasil desainnya sendiri. Ketika punya produk baru, tentu saja tak lupa ia sampaikan ke customer-nya. Ia memang selalu meluangkan waktu khusus untuk berinteraksi dengan customer-nya, tak hanya sekedar menyapa saat punya produk baru saja.



Dengan semakin banyaknya desainer baju muslim, maka ia memang perlu pintar mensiasati langkah dalam berpromosi, agar produknya tidak tenggelam dari brand lain. Salah satunya, dengan selalu membuat sesuatu yang baru.
Paling lama, dalam dua bulan ia harus mengeluarkan desain baru. Kuncinya, memang harus cepat dan kreatif. Di awal menjual busana muslimah, Suci pun masih menjadikan dirinya sendiri sebagai modelnya. Namun kini ia sudah bisa mengambil beberapa model untuk mengenakan busana kreasinya. Saat melakukan pemotretan pun ia ikut turun tangan langsung merias model agar mereka tampil cantik dan menarik.




Upaya lain yang dilakukan Suci untuk mempromosikan produknya, yakni dengan secara berkala mengusahakan mengikuti event fashion busana muslim. Baginya, acara seperti itu juga penting untuk mendekatkan produknya dengan konsumen. Juga untuk lebih menarik kepercayaan.

Sekarang ini, skala produksinya untuk produk basic, seperti kerudung dan inner ninja, per bulan ia bisa membuat ribuan pieces. Sementara untuk busana muslim, masih di kisaran 300 pieces. Untuk harga pun bisa terjangkau segala kalangan. Produk kerudung ia jual mulai seharga Rp 55 ribu, dan busana muslim harga jualnya Rp 400 ribuan. Kini omzet usahanya sudah berada di kisaran Rp 70-80 juta, namun bila menjelang lebaran, bisa mencapai seratusan juta rupiah.

Saat ini, selain memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri, ia juga secara berkala mengirim ke Singapura, Malaysia, dan Brunei. Setidaknya seminggu sekali ia mengirim ke tiga negara jiran itu. Selain itu ia juga pernah sampai mengirim ke Australia, Perancis, Belgia, bahkan Amerika Serikat. Reseller di dalam negeri pun semakin bertambah banyak. Suci juga bekerja sama dengan HijUp.com, semacam mal online untuk busana muslim, dan Misla,-butik busana muslim di kawasan Kemandoran, Jakarta Barat.

Rencana ke depan, tentu saja Suci masih ingin membesarkan usahanya, karena ia yakin potensi pasarnya masih ada. Hanya saja, kendalanya saat ini terletak di sumber daya manusia. Tidak mudah memang mencari penjahit yang baik. Selain kecakapan dalam menjahit, mereka juga harus cocok dan bisa bekerja sama dengannya.

Contact :
suchbysuchi@gmail.com
http://suchbysuchi.blogspot.com

amura courier
: layanan jasa kurir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cepat, professional, dan bertanggung jawab. Tlp & sms : 085695138867





reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2013/09/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment