Friday, February 5, 2016

GOBANG GOCHIZ, Jajanan Unik Hasil Karya 3 Jajaka Bandung




Nama camilan satu ini terdengar unik, Gobang Gochiz terinspirasi dari jargon tokoh legenda rakyat Sunda, Si Kabayan, ?Cir Gobang Gocir? yang diplesetkan. Produk camilan ini dilahirkan oleh tiga sahabat, Alex, Betrand, dan Ramon. Mereka awalnya hanya sering menongkrong bareng, karena tinggal dalam satu kompleks yang sama dan tanpa sengaja membuat usaha keju aroma.

Awalnya mereka memang hanya sekedar iseng ingin membuat sesuatu yang produktif dan menerapkannya dalam bentuk produk makanan. Sampai suatu ketika, saat melihat ada orang yang menjual pisang aroma, mereka pun berpikir untuk membuat produk yang mirip, yakni keju aroma. Tanpa menunggu waktu lama, mereka mulai mencoba membuatnya dengan modal awal hanya memanfaatkan bahan baku yang ada dari rumah. Dan ternyata usaha mereka itu berhasil.

Pada Desember 2012, ketiga sahabat yang tinggal di Bandung ini memutuskan serius menjual keju aroma olahan mereka. Namun sebelumnya, selama tiga bulan mereka melakukan tes pasar dulu dan belum memakai nama Gobang Gochiz. Mereka pun secara sukarela bekerja menggulung kulit keju hampir 24 jam, meskipun saat itu belum ada yang memesan.

Ternyata, keisengan mereka berbuah manis, respons positif pun diterima di luar dugaan. Dengan optimis mereka lalu mempromosikan jajanan ini ke lingkungan kompleks, kemudian ke sejumlah perkantoran, hingga menjajakannya di kantin kampus. Melihat potensi pasar yang baik, akhirnya mereka sepakat membuat nama usaha dan serius menekuni bisnis keju aroma.

Niat mereka pun mendapat dukungan dari teman-teman satu kompleks yang lain, yang awalnya sudah terlebih dahulu menjadi tester. Bahkan teman-teman satu kompleksnya pula yang memberi usulan nama Gobang Gochiz, karena produknya menggunakan keju atau cheese. Selain itu, nama itu juga mengandung filosofi karena merupakan plesetan semboyan tokoh Sunda terkenal, si Kabayan, yang sama-sama satu daerah dengan mereka. Dan sepertinya nama ini mengandung hoki, selain enak didengar dan lucu.

Gerai pertama Gobang Gochiz dibuka pada Januari 2013 di Factory Outlet Heritage. Awalnya konsep gerai mereka indoor, karena tujuannya ingin menaikkan image keju aroma bukan sekedar gorengan biasa. Dan ternyata dalam sebulan kemudian, mereka pun bisa membuka dua gerai lagi, hingga terus bertambah. Konsep gerai pun ditambahi dengan ourdoor, agar bisa meraup pasar lebih luas. Gerai outdoorpertama mereka dibuka di daerah Jatinangor.

Setelah setahun mengembangkan jajanan unik ini, mereka sudah bisa memiliki 20 gerai. Gerai paling banyak memang terdapat di Bandung, namun di kota lain pun juga ada seperti Sumedang, Garut, Cirebon, dan Jakarta.

Jajanan keju aroma milik Gobang Gochiz memang belum memiliki kompetitor sehinga masih banyak diburu. Gerai mereka juga masih bersifat resmi, dan belum membuka sistem franchise. Hanya sistem reseller saja yang mereka terapkan. Saat ini suah ada 40-50 reseller dan akan terus dikembangkan dengan memperluas lokasinya di beberapa titik di Indonesia.

Soal harga, jajanan ini pun terhitung murah dan sangat terjangkau. Harga keju aroma di Bandung, satu potong hanya Rp 1000, sementara untuk satu boks dengan isi 30 potong, Rp 30 ribu. Namun untuk harga di pameran, bisa naik sampai Rp 1500/potong.





Produksi jajanan keju aroma ini sekarang sudah mencapai 7000-9000 potong setiap bulannya dan sudah memiliki 20 karyawan untuk produksi, dengan beberapa orang tambahan untuk tim delivery dan tim event. Dengan modal produksi sekitar Rp 42 ribu, kini mereka sudah bisa menghasilkan omzet lebih dari Rp 42 juta per bulan dan ingin mengajak orang lain untuk bisa seperti mereka. Jadi bagi yang ingin usaha tanpa modal, bisa mencobanya dengan menjadi reseller Gobang Gochiz.

Hebatnya lagi, jajanan ini sudah memiliki jasa layanan antar gratis untuk wilayah kota Bandung. Ada sekitar 10 tim delivery yang siap mengantar produk Gobang Gochiz sampai ke rumah pelanggan, meski hanya memesan satu boks saja. Jadi, bagi warga kota Bandung yang mau menikmati jajanan enak, dan tidak ingin capek mencarinya keluar, bisa langsung memesan Gobang Gochiz. Info produk dan layanan Gobang Gochiz sudah tersaji lengkap di Facebook, dengan nama akun GoBangGoChiz, dan di Twitter dengan akun @GoBang GoChiz.

Ketiga sahabat ini ingin jajanan yang mereka beri tagline?From Bandung With Cheese? ini ke depannya tak hanya dikenal di kota kelahiran mereka saja, tapi juga diminati oleh masyarakat Indonesia. Dan program besar yang ingin mereka rancang adalah, mereka ingin melakukan sesuatu yang tidak sekedar membicarakan soal bisnis saja, tapi mereka ingin membuat sesuatu yang baik untuk lingkungann, seperti social entrepreneur lainnya.



reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2014/01/gobang-gochiz-jajanan-unik-hasil-karya.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment