Tuesday, January 19, 2016

RISTYLAND by Risty Tagor : Busana Hijab Syar'i Dengan Desain Yang Simpel




Sejak berhijab, artis Risty Tagor juga mulai merambah dunia fashion. Mulanya ia menggeluti bisnis secara online dengan menjual produk khusus muslimah berlabel Ristyland by Risty Tagor. Risty mengaku saat memulainya di tahun 2013 lalu, ia hanya berniat membantu temannya yang seorang desainer. Risty diminta untuk ikut terlibat di ajang fashion week terbesar di Jakarta. Padahal, menurut Risty, ia tak berbakat dalam hal desain dan jahit menjahit baju. Hanya ia sempat berpikir, apakah ini memang kesempatan yang datang untuknya memulai usaha ? Oleh karena itu, Risty mengatakan bahwa ia mengawali usahanya ini secara terbalik. Karena biasanya, orang membuka toko dulu, berjualan produk beberapa tahun, baru mengikuti fashion show. Sedangkan ia malah sebaliknya.


Lantaran tak cukup pengalaman, kejadian tak enak pun sempat dirasakannya. Dari seluruh koleksi perdana yang ia buat sebanyak 20 busana, tak sampai separuhnya yang berhasil. Alias, hanya 8 yang berhasil dengan baik, sisanya gagal di bagian jahitan. Itulah pengalaman pertamanya, manakala baju-baju yang ia buat tak bisa dijual. Tapi Risty tidak kapok. Justru setelah itu, ia percaya diri membuka sebuah toko dan memproduksi busana muslim sesuai gayanya. Risty belajar kalau ia harus mengikuti selera pasar, tapi tetap dengan taste ala dirinya sendiri. Dengan gaya hijab syar?i seperti sekarang, baju-baju yang ia desain terlihat simpel. Dan Risty pun bersyukur meski harus jatuh bangun dalam hal desain, kini ia bisa ?klik? dengan dunia barunya ini.


Lantaran belajar segala sesuatunya dari nol, Risty mengaku puas. Ia juga senang model busana yang ia jual disambut positif oleh para pelanggan. Namun, koleksi tersebut hanya dibuat dalam jumlah terbatas. Karena bahan yang ia beli memang terbatas. Dalam satu warna maksimal hanya dibuat 10 potong baju. Ukurannya juga hanya M dan XL, kecuali untuk yang premium. Maksudnya, customized atau dijahit khusus sesuai permintaan pelanggan. Risty sengaja menerapkan cara itu agar produknya tak kembar atau pasaran. Selain itu kini Risty juga mendesain baju pernikahan untuk muslimah. Idenya tercetus ketika ia melangsungkan pernikahan keduanya bersama Stuart Collin, beberapa waktu lalu. Saat itu ia memang ingin sekali membuat baju akad ala wedding british tapi dengan konsep busana muslim. Ini karena calon suaminya saat itu memang berasal dari Inggris. Dan ternyata, saat ia memakainya, banyak orang yang suka. Ada yang mau menyewa baju itu bahkan ada pula yang minta dibuatkan. Bagi Risty itu adalah rezekinya, jadi tidak ada salahnya dicoba.


Saat ini Risty masih hanya membuka toko di rumahnya sembari mengandalkan penjualan secara online. Karena menurutnya, hasil penjualan online memang besar sekali daripada di toko. Pelanggan yang datang ke rumahnya juga banyak. Risty mematok harga bervariatif untuk produknya. Untuk aksesori ia membandrol harga berkisar Rp 40.000-Rp 100.000. Sedangkan untuk baju, antara Rp 200.000 hingga Rp 1 juta.





reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2015/10/ristyland-by-risty-tagor-busana-hijab.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment