Thursday, November 24, 2016

2 Tips sebelum Memulai Bisnis Online melalui Blog untuk Pemula

SETIDAKNYA ada dua tips penting sebelum membangun bisnis online (marketing online) dimana bisnis usaha yang akan dikerjakan melalui blog untuk mendapatkan uang melalui internet, ialah:

1. Memahami aktivitas blogging (ngeblog).
2. Ide (kreatifitas), Bakat & Ketekunan.

Ya, cuma dua hal itu saja. Yang pertama, memahami aktivitas blogging seperti apa yang akan Anda jalankan nantinya.... Serta ide, bakat dan ketekunan yang ada di dalam diri Anda.

2 Tips sebelum Memulai Bisnis Online melalui Blog untuk Pemula

Jika dua hal itu saja bisa Anda asah semakin baik dan berkualitas, bukan tidak mungkin.... pada akhirnya Anda akan menjadi pebisnis online tersukses di Indonesia, bahkan di dunia sekali pun!

2 Tips sebelum Memulai Bisnis Online melalui Blog untuk Pemula


#1. AKTIVITAS BLOGGING

Aktivitas blogging, sebutan lainnya adalah ngeblog, adalah suatu aktivitas yang dijalankan oleh blogger seperti bagaimana cara membuat, mengelola, hingga memasarkan blog itu sendiri. Inilah hal yang paling mendasar di dunia bisnis online.

Ada beberapa upaya yang wajib Anda lakukan sebelum memulai bisnis online melalui blog, diantaranya adalah:

  1. Memahami apa itu SEO
  2. Tahu betul bagaimana meningkatkan trafik pengunjung situs
  3. Bagaimana memasarkan blog, serta isi-isi (artikel)
  4. Mengerti apa itu domain dan hosting
  5. Tahu bagaimana cara membuat konten berkualitas
  6. Memilih niche blog, maksudnya tema atau topik pembahasan yang akan dibahas di blog
  7. Siap bersaing dengan ratusan ribu website yang serupa yang ada di Indonesia
  8. Tahu apa yang membedakan antara kedua platform website, Blogger dan Wordpress; dan
  9. Memilih dan menentukan program bisnis online apa yang dijalankan; Apakah itu Toko Online, Google AdSense atau iklan PPC lainnya

Ke sembilan hal diatas itu adalah hal yang paling mendasar yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu sebelum memulai bisnis online melalui blog.

Panduannya sudah sangat lengkap kok di search engine Google. Kini, saatnya untuk mencari tahu. Jika Anda kurang mengerti dengan apa yang saya katakan di artikel ini, segala pertanyaan tentang ngeblog.... Insya allah bisa saya jawab.

#2. IDE, BAKAT & KETEKUNAN

Jika pada poin pertama sudah benar-benar Anda kuasai, langkah selanjutnya terkait ide, bakat dan ketekunan Anda dalam membangun dan mengembangkan website yang sudah Anda buat.

1. IDE

Ide itu sifatnya alami karena tiap orang berbeda bagaimana cara memikirkan suatu hal. Ide, bisa disebut juga dengan solusi, inovasi maupun kreatifitas seseorang.

2. BAKAT

Nah...bisnis usaha apa pun yang Anda jalankan apabila tidak sesuai dengan bakat Anda, dipastikan bahwa bisnis usaha tersebut akan mengalami kegagalan hingga kerugian yang sangat besar.

Di dalam dunia blogging, Anda harus memilih topik atau tema pembahasan yang akan dimuat di blog Anda. Niche blog, kata lain dari topik blog, adalah hal yang paling utama.

Pastikan topik yang akan diulas di blog harus sesuai dengan bakat Anda. Itu pun sudah seharusnya menyangkut tentang hobi dan minat Anda.

3. KETEKUNAN

Pernah mendengar peribahasa, rajin pangkal kaya? Benar! Ketekunan itu rajin... Ketekunan itu sifatnya mental. Tiap orang memiliki tingkat kerajinan yang berbeda-beda.

Jika ke semua tips atau panduan diatas sudah diterapkan, maka poin terakhir yang wajib Anda miliki adalah ketekunan.

Faktanya.... Pebisnis mana pun, yang sudah sukses, sudah pasti memiliki ketekunan yang sangat luar biasa sehingga dapat mengembangkan bisnis usaha menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 3 Modal Penting untuk Membangun Bisnis Usaha Mandiri.

KESIMPULAN

Diantara semua tahap-tahap atau langkah memulai bisnis online melalui blog di atas, menurut saya yang paling sulit adalah aktivitas blogging.

Untuk mempelajarinya Anda harus membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Kalau Anda rajin membaca, saya yakin, dalam waktu satu bulan, Anda sudah menguasainya secara menyeluruh terkait blogging. Good luck!


reff : http://tipsbisnisid.blogspot.com/2016/04/tips-memulai-bisnis-online-blog.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment