Monday, January 18, 2016

ANASTASIA ANDINI DARMADI,-Pemilik SPATULA N FRIENDS, HOME MADE CAKE DECORATION




Memiliki usaha kue sebenarnya diawali tanpa disengaja oleh Anastasia Andini Darmadi. Pemilik Spatula n Friends yang kini telah menjadi favorit para penyuka cake decorations ini mengaku, sebetulnya ia tak memiliki latar ilmu kuliner. Namun, lulusan ilmu komunikasi yang pernah bekerja di media massa ini sangat gemar membuat kue.
Andini, sapaan akrabnya, mengaku tertular sang oma yang memang hobi membuat kue. Spatula n Friends ia buka pada bulan Juli 2011. Semula ia hanya iseng berjualan cookies dan puding. Tapi saat ini jualannya sudah berkembang dengan juga menyediakan cake, cupcake, sampai cakepop.
Agar terdengar unik, Andini menamai usahanya dari nama alat-alat memasak seperti spatula, mikser, oven, dan peralatan dapur lainnya, yang bisa menghasilkan kue enak dan laris. Jadilah Spatula n Friends. Dalam mengembangkan usahanya, Andini juga mengaku mengalami trial and errorterlebih dulu, hingga akhirnya mampu menguasai ilmu mendekorasi kue.
Semuanya tidak terlepas dari teman-teman dekatnya yang memberikannya tantangan. Awalnya, teman-temannya lah yang memesan minta dibuatkan kue tertentu pada Andini. Andini pun berusaha untuk menyanggupi setiap pesanan yang datang. Proses pembuatan kue ia lakukan secara learning by doing. Bersyukur hasilnya dapat respon yang baik hingga saat ini.


Dalam membuat kue, Andini mendapatkan banyak inspirasi dari apa yang ia lihat di sekelilingnya. Termasuk dengan sering menonton program memasak, khususnya anekadessert. Ketika membuat cakepop, untuk mendapatkan bentuk yang unik, idenya ia dapat dari sekeliling saja. Misalnya, dari menonton teve atau jalan-jalan ke mal. Semua yang dilihatnya bisa menjadi inspirasi.
Agar selalu bisa menghasilkan inovasi baru, Andini tidak pernah menolak pesanan konsumen. Justru apa yang diminta pelanggan ia anggap sebuah tantangan. Misalnya, ada yang minta dibuatkan kue berbentuk karakter tertentu, akan ia sanggupi.
Berkat ketekunannya, dengan modal awal yang tak lebih dari Rp 1 juta, kini ia bisa meraup omzet berlipat ganda. Perlahan tapi pasti, ia pun bisa memperbarui oven, mikser, sekaligus merenovasi dapurnya. Meski tidak memproduksi banyak, tapi pelanggan yang datang terus bertambah. Andini pun memiliki pelanggan sejumlah selebriti, salah satunya Dian Sastrowardoyo.
Berbagai kue karya Spatula n Friend pun tak hanya bisa dinikmati warga Jakarta dan Bandung saja, tapi juga oleh warga di kota-kota besar lainnya. Andini menggunakan sistem ekspedisi khusus untuk kue ketika harus mengirim ke luar kota. Mengirim cake memang harus pakai ekspedisi khusus, karena risikonya lebih tinggi. Tapi untuk cookies atau cupcakes relatif lebih aman. Bahkan pernah ada pelanggannya yang membawa cupcakes buatannya sampai ke Afrika.

Untuk mengenalkan kue-kue cantik buatannya, Andini memilih memasarkan usaha lewat media sosial. Biasanya pelanggan yang memesan kue padanya, akan ia tanya, tahu Spatula n Friends dari mana ? Ternyata mereka lebih banyak mendapatkannya melalui googling hingga akhirnya terhubung ke web Spatula n Friends.
Uniknya, Andini tidak melulu berjualan kue. Ia juga menularkan kepiawaiannya mengolah bahan mentah menjadi kue cantik dan unik ke banyak orang lewat kursus singkat. Kelas atau workshop itu sudah ia dirikan sejak awal Spatula n Friend berdiri, karena memang banyak orang yang minta diajari cara membua kue padanya. Sekali workshop biasanya minimal diikuti tiga orang. Ia juga secara reguler mengajar di international school yang punya ekstakurikuler cake decorationuntuk anak sekolah dasar.
Dengan segala yang telah ia lakukan ini, Andini optimis usahanya akan terus berkembang. Ia bahkan sudah memiliki sejumlah rencana untuk masa mendatang, yakni dengan membuka gerai di sebuah restoran dan mal, khusus untuk menjual dessert cupcake. Ia pun juga ingin menulis dan membuat buku tentang bagaimana cara membuat cake yang baik.
Tak lupa, Andini memberi saran bagi yang tertarik mencoba bisnis serupa dengannya. Sebaiknya jangan pernah berhenti berkreasi dengan memanfaatkan bahan yang ada. Untuk membuat cakepop misalnya, bisa diakali dengan menggunakan bahan yang murah dan mudah agar tidak mengeluarkan biaya yang besar. Atau bisa juga dengan menggunakan permen, bila tidak ada fondant. Standar rasa juga penting, jangan sampai kue bentuknya bagus tapi rasanya tidak enak.
Saran lain dari Andini untuk yang ingin punya usaha, membangun jaringan sangatlah penting. Manfaatkan semaksimal mungkin media sosial dan lakukan terus sistem marketing dari mulut ke mulut. Menurut Andini, bisnis kue potensinya sangat besar, apalagi saat ini banyak orang yang minta antaran berupa cupcake atau cake cantik.


Order SPATULA N FRIEND :
SMS / whatsapp to 081280265398
Email to spatulaandfriends@gmail.com

amura courier
: layanan jasa kurir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cepat, professional, dan bertanggung jawab. Tlp & sms : 085695138867





reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2013/10/anastasia-andini-darmadi-pemilik.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment