Friday, January 15, 2016

RUMAH KEMASAN BANDUNG : Solusi Untuk Pengusaha Kecil Menengah




Rumah Kemasan Bandung terbentuk dari latar belakang usaha kecil menengah yang ada di Indonesia. Menurut Direktur Rumah Kemasan Bandung, Mohamad Firsan, bagi hampir 56 juta lebih, atau sekitar 98% lebih dari total pengusaha yang ada di Indonesia adalah pengusaha kecil menengah, sehingga pembuatan kemasan merupakan potensi yang besar. Pelaku usaha kecil menengah tentu butuh desain kemasan. Dan mereka kesulitan mendapatkannya terutama di daerah Indonesia bagian timur. Peluang ini pun diambil Firsan, yang di tahun 2007 pernah menjadi karyawan di sebuah packing house milik pemerintah. Akhirnya, Firsan mendirikan sendiri sebuah perusahaan dengan nama Sanpack tahun 2012. Barulah awal 2013 namanya berubah menjadi Rumah Kemasan Bandung, sekaligus dibuatkan aspek legalnya berbentuk CV.

Firsan bersama dua rekannya, Untung Waksan dan Ridha Rifandi sekarang telah memiliki studio design, workshop produksi cetak, dan workshopproduksi kemasan yang masing-masing berada di tempat yang berbeda di Bandung. Mereka juga menerima pembuatan media promosi, foto produk, pembuatan website atau blog, hingga keperluan peralatan produksi kemasan seperti mesin-mesin dan pendukungnya. Lewat www.rumahkemasanbandung.com, Rumah Kemasan Bandung juga bekerja sama dengan pemerintahan melalui Pelatihan Kemasan, motivasi usaha melalui kemasan, fasilitasi desain dan kemasan untuk UKM, hingga praktik membuat berbagai kemasan. Kelebihan di Rumah Kemasan Bandung adalah membuat kemasan gabungan antara plastik dan metalize yang diberi nama papermetal.

Mohamad Firsan

Tahun 2013 lalu Rumah Kemasan Bandung mulai mengembangkan produk papermetal, kemasan kombinasi kertas dan bahan metalis. Papermetal adalah kemasan berbahan kertas yang bagian dalamnya di-coating dengan alumunium foil atau metalis. Sedangkan bagian luarnya diberi lapisan plastik laminasi agar cetakannya bisa tahan lebih lama. Menurut Firsan, pengerjaan dari desain sampai produksi, butuh waktu 1 sampai 2 hari untuk pembuatan label stiker cetak digital, untuk kemasan bahan kertas dengan cetak offset perlu waktu 3 sampai 6 hari, sedangkan kemasan papermetal biasanya memakan waktu hingga 3 minggu.



Minimum order kemasan di Rumah Kemasan Bandung bergantung dari bahan dan proses cetaknya. Biasanya 1000 pieces untuk menggunakan mesin cetak offset dan tanpa minimal order untuk yang menggunakan mesin cetak digital. Adapun kemasan siap pakai mulai dari 100 pieces. Biaya pembuatan kemasan sendiri tergantung dari bahan, ukuran, proses cetak dan finishing.

Kontak :

CV. RUMAH KEMASAN BANDUNG
Design Studio dan Konsultasi:
Jl. Cimanuk No. 5A Lt. 2 Bandung - Jawa Barat
Tel. 022 - 6167 5678 [ No SMS ]


reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2015/05/rumah-kemasan-bandung-solusi-untuk.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment