Sunday, February 7, 2016

LOVELYRA FREEZER, Usaha Penyewaan Freezer Untuk ASIP Dari Ika Sunday Utami




Pasca melahirkan pada tahun 2010 dan 2012 lalu, Ika Sunday Utami mengaku bersyukur bahwa produksi ASI-nya sangat berlimpah. Untuk itu, perempuan yang biasa disapa Ika ini sampai membutuhkan freezerkhusus untuk menyimpan Air Susu Ibu Perah (ASIP). Awalnya ia menyewa freezer dari tempat lain dan harus masuk daftar waiting list sampai 4 minggu. Selesai menyewa, ia kemudian berpikir untuk membuat usaha penyewaan freezer agar bisa membantu ibu-ibu yang lain.

Bermodalkan 20 unit freezer yang dibeli dari dana tabungan pribadinya, tahun 2012 ibu dua anak ini mulai membuka usaha penyewaan freezer. Dan baru lima hari sejak membuat website, langsung banyak sekali yang booked dan masuk daftar waiting list. Karena unit yang disediakan selalu habis tersewa, Ika kemudian menjual mobilnya untuk membeli freezer tambahan untuk disewakan. Sebagian uangnya ia belikan mobil untuk antar jemput freezer. Secara bertahap jumlah freezeryang ia miliki semakin bertambah. Sekarang, total ia sudah memiliki 150 unit freezer.




Saat memulai usaha ini, perempuan kelahiran Magetan, 1 Mei 1983 ini mengaku termotivasi untuk membantu ibu menyusui lain yang harus rela menunggu lama pesanan freezer. Jika ada keuntungan, ia bersyukur. Tapi Ika mengaku butuh waktu yang lama sampai usahanya ini bisa balik modal. Karena uang hasil sewa freezerselalu ia gunakan untuk membeli freezer lagi.

Sejak memulai usaha ini pula, secara tidak langsung Ika juga menjadi penggiat ASI. Pasalnya, banyak pelanggannya yang kemudian bertanya-tanya seputar pemberian ASI eksklusif. Karena itu pula di blog-nya, www.rentalfreezerasi.blogspot.com, juga ada tulisan-tulisan seputar ASI. Sebisa mungkin Ika akan membantu mereka yang berkonsultasi soal ASI. Banyak yang ditanyakan. Misalnya, ibu yang baru melahirkan anak pertama, kebanyakan bertanya cara menyimpan ASI yang benar. Kepada mereka Ika jelaskan bahwa ASI yang disimpan menggunakan freezer khusus dengan suhu -20 derajat Celcius dapat betahan 6 hingga 12 bulan.



Selama menekuni usaha ini, lulusan STT Telkom ini mengaku belum pernah mengalami kendala besar. Ika berpikir, mungkin karena niat awalnya baik, maka semuanya pun bisa berjalan dengan baik pula. Karena ia selalu membeli freezer baru, sejauh ini tidak pernah ada kendala rusak saat digunakan. Kalau pun memang ada yang rusak, toh masih ada garansinya. Kalau nanti masa garansinya sudah habis, barulah ia akan memberlakukan biaya maintenance.

Untuk memberikan pilihan kepada pelanggannya, Ika menyediakan dua jenis freezer. Yakni freezer dengan bukaan depan dan freezerdengan bukaan atas. Kebetulan sistem penggunaan ASIP sifatnya first in ? first out. Freezer dengan bukaan depan sesungguhnya lebih mudah dalam mengambil ASIP. Sementara kalau freezer dengan bukaan atas agak sedikit merepotkan untuk mengambil ASIP karena peletakannya bertumpuk.




Dengan niat membantu mensukseskan program ASI eksklusif, Ika tidak memberikan persyaratan khusus dan berbelit-belit untuk menyewa freezermiliknya. Semuanya benar-benar berdasarkan pada kepercayaan saja. Yang penting freezer itu benar digunakan untuk menyimpan ASIP, bukan benda lain. Kalau ada yang menyewa untuk menyimpan benda lain seperti makanan beku sudah pasti akan ia tolak. Sebagai seorang bussines consultant di sebuah perusahaan IT, Ika mengatakan usahanya menguntungkan dan masih sangat terbuka untuk masuknya pemain baru.

Informasi lebih lanjut silakan email ke cs@lovelyraservices.com, ym: sunday_utami, untuk response lebih cepat silakan sms / wa : 081311230007


reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2014/09/lovelyra-freezer-usaha-penyewaan.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment