Sunday, November 20, 2016

10 Cara Berbisnis Toko Online agar Sukses dengan Mudah dan Cepat

BISNIS online itu tidak terlepas dari yang namanya penipuan. Pada umumnya, setelah barang dipesan oleh konsumen via internet, maka maka penjual tersebut akan menghilang secara tiba-tiba. Merugikan banget, yakan?

10 Cara Berbisnis Toko Online agar Sukses dengan Mudah dan Cepat

Nah.. Disinilah kesempatan Anda untuk meraih kesuksesan dengan cara yang mudah sehingga dapat meraih kesuksesan dengan cepat pula. Mengapa saya katakan ini adalah sebuah kesempatan?

Ini tentang keuntungan Anda secara pribadi. Jika banyak orang yang melakukan penipuan berupa bisnis online, cobalah untuk menjadi pebisnis toko online yang bisa dipercayai oleh konsumen mana pun! Jadilah yang terkenal dan dikenal sebagai bisnis online terpercaya se-indonesia!

Baca Juga: 5 Panduan Bagaimana Cara Memilih Bisnis Usaha Terbaik bagi Anda.

Jika Anda benar-benar yakin ingin membangun bisnis usaha dengan cara membuka toko online atau melalui akun facebook, twitter dan berbagai aplikasi sosial media lainnya... Ada beberapa upaya yang bisa saya jelaskan secara rinci dan detail.

10 Cara Berbisnis Usaha Toko Online agar Sukses


#1. PROFIL BISNIS ANDA JELAS & MEYAKINKAN

Profil bisnis itu sangat penting, seperti siapa yang menjual, dimana letak tempat tinggal atau alamat rumah si penjual, berapa nomor HP si penjual atau nomor kontak yang bisa dihubungi, dan pelayanan apa-apa saja yang disediakan, baik itu barang maupun layanan & jasa.

#2. PENGUASAAN TERHADAP INTERNET (LAPAK BISNIS ONLINE)

Ini mutlak karena Anda akan dihadapkan pada bisnis online yang jelas-jelas untuk mengerjakan bisnis ini, Anda harus menguasai yang namanya internet.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari uang melalui internet, diantaranya adalah:

  • Mencari penghasilan melalui google adsense
  • Berjualan secara online
  • Jualan di BukaLapak & didukung modal pribadi
  • Memanfaatkan website Lazada untuk berjualan;
  • Berjualan di berbagai aplikasi sosial media, seperti Facebook, Twitter, Path & Instagram; dan
  • Berbagai tempat lainnya

Setiap pilihan yang Anda lakukan, seperti mencari penghasilan melalui google adsense atau memanfaatkan website besar untuk membuka lapak bisnis Anda, tiap-tiap bisnis tersebut memiliki panduan yang berbeda-beda. Jadi, penguasaan internet itu penting. Anda harus menguasainya di tiap-tiap celah yang ada.

#3. KUALITAS FOTO & VIDEO BARANG PRODUKSI, JASA & LAYANAN

Apapun bisnis online yang Anda kerjakan, sudah seharusnya memiliki foto dengan kualitas yang terbaik. Tahukah Anda bahwa foto yang Anda upload dengan kualitas yang bagus dan terbaik menarik banyak calon pembeli di bisnis online?

Semakin baik kualitas foto yang dihasilkan, semakin besar minat calon pembeli untuk memiliki barang dagangan Anda di internet. Beberapa contoh foto barang yang berkualitas adalah:

  • Menggunakan kamera dengan Megapixel yang tinggi sehingga menghasilkan kualitas foto yang jernih
  • Memanfaatkan fitur WAH, seperti iPhone 6s Plus yang memiliki 12 Megapixel dengan pixel 1,22 mikron sehingga hasil foto jauh lebih terang dan jelas
  • Jika memungkinkan, buat video dengan dukungan kamera 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR atau kurang lebih hampir sama dengan kualitas yang sudah dikatakan; dan
  • Masih banyak lagi faktor-faktor yang perlu diperhatikan di sisi kamera itu sendiri

#5. PROSES PENJUALAN & PEMBELIAN YANG MUDAH

Pastikan bahwa bisnis online yang Anda kerjakan memiliki proses penjualan dan pembelian yang mudah, alias tidak rumit. Hasilnya....konsumen akan ketagihan untuk membeli di bisnis online milik Anda.

Misalnya, seperti dibeberapa tempat yang kita temukan di website-website internet yang menyediakan barang secara online, pasti Anda pernah menemukan pilihan menu "Add to Cart", kan? Nah, sebenarnya fitur ini tidak penting.

Yang paling penting adalah adanya nomor HP atau kontak yang bisa dihubungi oleh calon konsumen ke Anda. Cukup sediakan nomor HP Anda, lakukan transaksi apabila persetujuan telah disepakati, TADA! Barang bisnis online Anda laku! Konsumen puas, Anda pun mendapatkan keuntungan!

#6. PELAYANAN YANG RAMAH & RESPON CEPAT

Sebaik-baiknya pelayanan yang terbaik ialah pelayanan yang ramah serta memiliki respon atau tanggapan yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan konsumen.

Ramah itu mutlak karena Anda adalah penjual, sedangkan pembeli adalah raja. Tanggapan yang cepat pun turut diperhatikan karena itu akan menjadi nilai plus bagi konsumen terhadap bisnis online yang Anda kerjakan.

#7. BEKERJA SENDIRI ATAU BEKERJA SAMA DENGAN ORANG LAIN?

Hmm.. Terserah sih. Selama Anda bisa melakukan sendiri, Anda tetap bisa menjalankan bisnis online tersebut tanpa bantuan orang lain.

Kalau ditanya mudah atau sulit, jawabannya relatif. Tergantung jenis barang apa yang Anda perjualbelikan kepada konsumen, serta seberapa banyak resiko dan tingkat rendah-tinggnya resiko yang akan terjadi.

Jangan takut.... Selama Anda bisa menjalankan bisnis internet tersebut secara mandiri, ya sudah... Jalan saja sendiri. Yang paling penting adalah 3 modal penting dalam berbisnis usaha mandiri.

#8. PEMASARAN DALAM RUANG LINGKUP BISNIS INTERNET

Apapun bisnis yang Anda kerjakan apabila tidak dilakukan pemasaran, maka kemungkinan yang akan terjadi ada dua... Pertama, sukses namun membutuhkan waktu yang sangat lama, atau... Mengalami kegagalan secara perlahan.

Jika Anda sudah membangun bisnis usaha, cobalah melakukan pemasaran dalam ruang lingkup internet. Misalnya, melakukan pemasaran di website-website yang sudah terkenal dan dikunjungi oleh ribuan pembaca tiap harinya, promosi di koran, tabloid, majalah, atau dimana saja.

#9. BRAND PRODUK YANG DIJUAL
Brand ini penting karena mempunyai ciri khas yang unik. Coba buat brand milik Anda sendiri. Jika Anda berpikir bahwa saat ini bukanlah waktu yang tepat, coba menjadi reseller dari barang-barang yang sudah terkenal di Indonesia.

#10. MEMBANGUN & MEMPERLUAS JARINGAN (SOCIAL NETWORKING)

Yaahh.. Namanya juga berbisnis usaha secara online, sudah pastiAnda akan melakukan social networking, atau saling berkomunikasi antaraAnda dengan distributor, bahkan antaraAnda dengan konsumen apabila konsumen tersebut ingin menjadi reseller atas produkAnda.

Jaringan internet itu sangat luas. Inilah kelebihan bisnis internet dari pada bisnis nyata. Menjalin dan menjaga silaturahmi, baik terhadap orang, ramah, memberikan solusi, memberikan saran dan pendapat merupakan beberapa cara membangun dan memperluas jaringan internet.

10 Cara Berbisnis Toko Online agar Sukses dengan Mudah dan Cepat

KESIMPULAN

Apa yaa.. Sebenarnya saya bingung mau menulis apa dikesimpulan ini. Semua pembahasan sudah dijelaskan secara singkat, padat dan jelas di 10 nomor diatas. Wah.. Tambahin di kolom komentar yaa... Hehehe... Good luck!


reff : http://tipsbisnisid.blogspot.com/2016/04/tips-bisnis-online.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment