Sunday, November 20, 2016

7 Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis dengan Benar & Tepat

SELAIN modal dan mental, salah satu tips bagaimana cara penghasilan bisnis usaha meningkat dalam waktu cepat adalah memilih dan menentukan lokasi atau tempat yang strategis untuk bisnis yang akan dibangun.

7 Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis dengan Benar & Tepat

Pemilihan tempat untuk bisnis yang strategis perlu kecermatan yang luar biasa. Tidak boleh asal-asalan. Lokasi bisnis akan menentukan keberhasilan suatu bisnis.

7 Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis


#1. BERDEKATAN LANGSUNG DENGAN PASAR YANG DITARGET

Pasar yang ditarget tergantung jenis bisnis usaha apa yang Anda bangun. Jika bisnis yang dimaksud adalah toko grosir atau kelontongan, pastikan bahwa lokasinya berdekatan dengan perumahan masyarakat yang ramai.

Atau... Jika bisnis usaha Anda terkait hobi dan minat seseorang seperti futsal, warung kopi, coffee (kafe) atau toko yang menjual smartphone, usahakan untuk memilih lokasi di persimpangan di kota. Lokasi persimpangan di kota seringkali dilalui oleh masyarakat.

Tujuannya sederhana, agar bisnis usaha Anda mudah dilihat oleh banyak orang dalam satu waktu. Setidaknya, dua atau tiga orang akan mencoba layanan dan jasa yang disediakan oleh bisnis Anda.

Jika pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen sudah termasuk baik dan bagus, bukan tidak mungkin konsumen satu dengan calon konsumen lainnya akan saling "bergosip" terkait bisnis Anda.

#2. BIAYA HIDUP MASYARAKAT DI SEKITAR

Bayangkan jika Anda membangun bisnis usaha yang dijadikan sebagai pusat perbelanjaan di daerah terpencil? Tentu sangat konyol, kan?

Nah, maka dari itu, sebelum memilih dan menentukan lokasi bisnis yang strategis, ketahui terlebih dahulu biaya hidup masyarakat di lingkungan sekitar. Ini pun terkait pandangan sosial, budaya dan keadaan sosial di sekitar.

#3. FASILITAS BISNIS USAHA ANDA

Seperti yang dikemukakan oleh Leon Gettler, seorang Bussiness Journalist menyatakan bahwa fasilitas dan infrastruktur bangunan yang dijadikan tempat bisnis pun turut diperhatikan.

Misalnya, Anda membangun bisnis Laundry atau tempat cuci pakaian. Tidak mungkin kan jika pasokan air kotor sedangkan bisnis yang Anda jalankan jasa cuci pakaian?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain pasokan air, diantaranya adalah:

  1. Pasokan aliran listrik yang memadai
  2. Sirkulasi udara yang baik
  3. Jika kemungkinan mempunyai pegawai, pastikan pegawai tersebut memiliki jumlah yang mencukupi
  4. Setidaknya memiliki lahan parkir dimana konsumen akan memarkirkan kendaraannya: dan
  5. Akses ke lokasi bisnis usaha Anda mudah dijangkau oleh masyarakat

#4. MENGETAHUI PERSAINGAN DI LOKASI STRATEGIS TERSEBUT

Yang namanya lokasi strategis, setidaknya ada satu atau dua jenis bisnis usaha yang mungkin saja sama dengan Anda. Misalnya, Anda ingin membuka warung kopi atau kafe, namun (mungkin saja) selang beberapa bangunan ada bisnis warkop pula.

Kembali lagi kepada diri Anda.... Jika Anda tidak yakin untuk mengalahkannya dari sisi penjualan dan pelayanan terhadap konsumen, sebaiknya pilih lokasi strategis ditempat lain. Namun, jika Anda yakin mampu melewatinya dari sisi penjualan dan pelayanan, silahkan dicoba. Resiko tetap ada, yaitu kerugian.

#5. MELAKUKAN MONOPOLI DI AREA PEMBANGUNAN BISNIS

Apapun bisnis yang Anda jalankan akan selalu ada memiliki persaingan. Jika Anda tidak ingin bersaing, Anda bisa melakukan atau memonopoli area. Artinya, Anda membangun bisnis di lokasi yang benar-benar bebas dari persaingan.

Ada keuntungan yang Anda peroleh apabila mencoba cara ini, yakni Anda bisa menentukan harga sesuka hati Anda. Namun, di sisi lainnya adalah Anda wajib melakukan promosi yang apabila dijabarkan akan termasuk biaya, tenaga dan waktu.

#6. BIAYA SEWA BANGUNAN TEMPAT BISNIS DIBANGUN

Jika Anda tidak memiliki cukup banyak modal, maka menyewa bangunan dimana bisnis Anda akan dibangun adalah solusi terbaik. Bangunan yang berada di lokasi strategis seringkali diberi harga dengan harga yang sangat mahal.

Tentu saja ini menyulitkan ruang gerak Anda. Apalagi jika Anda takut mengalami kerugian apabila nantinya mengalami kegagalan, semisal pengeluaran jauh lebih banyak dari pada pendapatan. Waduh.

Namun, jangan takut. Jika Anda benar-benar yakin bahwa lokasi tersebut memang benar-benar strategis, bagaimana pun juga akan tetap dikunjungi oleh konsumen.

Percayalah, rezeki sudah diatur oleh Allah SWT.

#7. LEGALITAS BISNIS USAHA & BANGUNAN

Legalitas bisnis yang dijalankan wajib Anda perhitungkan. Apalagi jika bangunan tempat dimana bisnis Anda didirikan adalah hasil bangunan yang Anda buat secara pribadi.

Ikuti saja setiap hukum yang berlaku terkait bisnis, seperti Surat Izin Membangun Usaha dan lainnya. Jangan pernah mengabaikan legalitas ini apabila tidak ingin bermasalah pada nantinya.

KESIMPULAN MEMILIH & MENENTUKAN LOKASI BISNIS YANG STRATEGIS

Yaahh... Bagaimana pun juga, rezeki sudah di atur oleh Allah SWT. Jangan takut berbisnis. Bahkan, dalam islam, Nabi Muhammad SAW saja menyarankan kita untuk berdagang. Good luck!


reff : http://tipsbisnisid.blogspot.com/2016/04/lokasi-bisnis-strategis.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment