Monday, January 25, 2016

SALON & SPA MUSLIMAH ALFAFA, SURABAYA. Merawat Diri Sekaligus Berinfak




Bila bertanya, adakah salon dan spa khusus muslimah di kota Surabaya, jawabannya mungkin bisa dengan mengunjungi Salon dan Spa Muslimah ALFAFA yang terletak di Jalan Menur, Surabaya. Tempat perawatan wanita muslim yang didirikan sejak tahun 2011 ini selalu tampak dipenuhi pelanggannya. Yang menarik, tak hanya melakukan perawatan kecantikan saja, para pelanggan juga membuat komunitas pengajian dan belajar mengaji Al Quran di ALFAFA.

Enny Yasin, pemilik ALFAFA, menjelaskan, ide mendirikan spa khusus untuk muslimah ini berawal ketika tiap kali ia ke salon untuk merawat rambut selalu ada perasaan kurang nyaman. Selain tempatnya terbuka, juga bercampur antara pria dan wanita.

Lama kelamaan, wanita tamatan sastra Arab dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya ini pun memutuskan mendirikan sendiri salon untuk memenuhi kebutuhan para muslimah berhijab. Ia yakin, yang merasakan ketidak nyamanan seperti yang ia alami pasti banyak sekali. Sementara untuk mendapatkan salon muslimah di Surabaya, masih jarang.

Semula ia agak mengalami kesulitan, sebab tak memiliki dasar mengenai salon dan spa. Selama ini Enny bekerja di bidang fashion dengan memproduksi pakaian muslimah. Namun ia bertekad mencoba tantangan baru. Dibantu sang suami, Yasin, ia lantas membuat riset kecil-kecilan soal untung dan ruginya membuka usaha salon dan spa, termasuk mencari lokasi strategis.

Setelah rencana matang, ia menggandeng orang yang tahu tentang dunia kecantikan sampai ia bisa jalan sendiri. Selanjutnya, Enny pun menjadikan usaha salon dan spa-nya sebagai yang utama, sementara usaha busana muslimnya kini hanya dilakukan secara online saja.

Respons masyarakat terhadap salon da spa-nya pun jauh melebihi dari yang ia duga sebelumnya. Tak lama setelah dibuka, sudah banyak didatangi para pelanggan. Salon-nya tak pernah sepi, bahkan seringkali kewalahan sampai menolak pelanggan jika memang tak membuat janji terlebih dulu. Saat ini dalam menjalankan usahanya ini Enny sudah memiliki 12 karyawan, di luar karyawan part time.

ALFAFA menyediakan sarana perawatan dari ujung rambut sampai ujung kaki. ALFAFA juga menyediakan perawatan organ intim, totok wajah, perawatan punggung, pengobatan Islam bekam, serta perawatan khusus area mata dengan menawarkan paket eye treatment , yakni memberikan masker khusus untuk bagian mata, agar mata tak lelah dan selalu tampak cerah. Sebagai sarana berpromosi, Enny juga memanfaatkan media social facebook.



Untuk menjaga kenyaman dan privasi, meski semua karyawannya perempuan, saat dilakukan treatment pelanggan ditempatkan di kamar-kamar yang hanya diisi oleh pelanggan dan terapisnya saja. Ia selalu mengusahakan pelanggan yang datang ke salonnya bisa senyaman mungkin. ALFAFA memiliki 13 bilik atau kamar tempat peawatan.



Dalam perjalanan usahanya, ada hal menarik yang Enny alami. Ternyata, para pelanggan yang datang bukan sekedar melakukan perawatan saja, bahkan di antara mereka ada yang minta diajari mengaji Al Quran dan membuat komunitas pengajian. Oleh karena itu merupakan kegiatan yang baik, akhirnya ia mau melaksanakannya.

Setiap dua minggu sekali komunitas ALFAFA mendatangkan seorang ustazah untuk mengisi ceramah agama dan membahas hal-hal yang besifat kewanitaan, termasuk belajar mengaji. Tak hanya itu, yang dating ke tempatnya bukan hanya muslimah saja, tapi ada pula wanita non muslim. Mereka merasa nyaman karena tempat perawatannya sangat privat tanpa khawatir bercampur dengan siapa pun.

Bahkan ALFAFA sudah ditetapkan sebagai salah satu dari dua salon dan spa di Surabaya yang termasuk dalam kelompok wisata syariah yang baru pertama kali dicanangkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pusat. Semua fasilitas yang dimiliki ALFAFA sesuai dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan, meliputi spa yang menyediakan musala, Al Quran dan bacaan Islami.
Semua bahan baku spa pun bersertifikat halal.




Selain itu Enny menambahkan, siapa saja yang menggunakan jasa spa ALFAFA berarti telah ikut berinfak,sebab sebagian penghasilan ALFAFA disisihkan untuk membantu orang tak mampu dengan menggandeng lembaga sosial yang ada di Surabaya.


______________
amura courier
: layanan jasa kurir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cepat, professional, dan bertanggung jawab. Tlp & sms : 085695138867


reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2013/07/salon-spa-muslimah-alfafa-surabaya.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment