Wednesday, February 3, 2016

WESTBIKE MESSENGER SERVICE : Jasa Pengiriman Sekaligus Kampanye Gowes




Padatnya jalanan, kemacetan, serta lamanya waktu pengiriman membuat peluang baru di bisnis jasa pengiriman. Salah satunya kurir bersepeda. Bisnis ini kian marak dan diminati sebagai alternatif jasa pengiriman yang lebih cepat dan praktis. WestBike Messenger Sevice (WMS), adalah jasa kurir sepeda yang digagas oleh Hendi Rachmat, dan didirikan sejak bulan Oktober 2013 lalu. Bertempat di Pasar Santa Lantai 1 No 167-169, belasan kurir sepeda WMS siap melayani kebutuhan pengiriman barang dan dokumen dalam waktu singkat.

Diakui Hendi, ia memang pencinta sepeda dan senang dengan aktivitas gowes. Ia bahkan memiliki toko sepeda fixie di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan sejak tahun 2010. Sayangnya, tren sepeda fixie hanya bertahan sebentar. Tepatnya di tahun 2012, peminat sepeda fixie menurun drastis. Banyak teman yang menyarankan Hendi untuk berpindah haluan, tetapi Hendi memang sudah jatuh cinta dengan sepeda fixie. Agar bisnisnya bertahan, Hendi pun sempat berbisnis online dan masih giat dengan komunitas WestBike fixie. Setelah memutar otak dan melihat kebutuhan kurir yang meningkat, Hendi pun yakin bahwa bisnis kurir sepeda dapat menjadi solusi. Mengantarkan barang dengan sepeda sendiri sebenarnya dari zaman dulu sudah ada, seperti pak pos. Tetapi kali ini ada penawaran yang berbeda, misalnya waktu. Dan ini menjadi solusi di tengah kemacetan kota Jakarta, selain ramah lingkungan tentu saja.


Hendi pun memberanikan diri untuk memulai bisnis kurir sepeda di bulan Oktober tahun 2013 dengan mengajak komunitas yang tergabung di WestBike. Awalnya hanya dua orang yang bergabung, namun sekarang sudah ada 20 orang. Menurut Hendi, sejak awal mendirikan WMS, ia optimis bahwa bisnis bike messenger akan berkembang. Respons awal itu pun sudah langsung positif. Ia sudah mendapatkan klien yang tidak main-main. Ada kedutaan dan perusahaan besar yang saat itu langsung kontrak dengan WMS karena kebutuhan mereka untuk mengirim dokumen.


Dalam menjalankan bisnisnya, Hendi menerapkan sikap kejujuran sebagai hal yang utama. Para kru WMS ditamankan untuk jujur dan bisa dipercaya. Ada aturan yang dibuat Hendi secara tegas untuk tidak menyentuh apalagi membuka paket yang akan diantarkan. Soal biaya, Hendi memiliki beberapa penawaran, mulai dari VIP yang dipatok dengan harga Rp 50.000 dimana barang akan diterima pada hari yang sama, paket VVIP yang dikenakan biaya hingga Rp 100.000 tapi barang akan sampai tidak lebih dari 2 jam, serta paket penawaran untuk corporate.



Layanan bike messenger yang ditawarkan WMS hanya meliputi Jakarta Timur, Pusat, Selatan, dan Barat. Sampai hari ini bisnis ini terus meningkat, klien bertambah dan semakin percaya dengan layanan WMS. Setidaknya sudah ada 5000 order yang dierima dan permintaan juga sebenarnya semakin bertambah, tapi Hendi harus memperhitungkan juga jumlah bike messenger yang ada di WMS. Untuk merekrut bike messenger, awalnya Hendi hanya menawarkan kepada komunitas yang dirangkulnya. Namun, kini ia sudah mulai melakukan rekrutmen secara terbuka. Yang jelas, kru WMS harus memiliki passiondengan sepeda agar tidak ada beban kalau harus menempuh jarak yang lumayan, sekitar 50-60 kilometer per hari. Kalau sudah suka, pasti enjoy saja menjalaninya tidak dijadikan beban.

Saat ini Hendi tengah melakukan trial dengan bike messenger perempuan pertama yang bergabung. Walau sebenarnya ia tidak mau mengambil risiko, dan sejak awal memang tidak menerima bike messengerperempuan, tapi ternyata peminatnya cukup banyak dan ia juga mendapat masukan kalau harusnya perempuan pun juga mendapatkan tempat yang sama. Akhirnya ia berpikir, tak ada salahnya juga untuk memberikan kesempatan. Kalau hasilnya positif, ke depannya Hendi akan menerima bike messenger perempuan yang lain. Pekerjaan bike messenger memang memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga Hendi pun memberikan asuransi kepada kru bike messenger WMS. Selain itu, kini WMS juga telah bekerja sama dengan Levi?s, jadi para kru bisa tetap gaya dan memakai produk berkualitas saat mengantarkan barang.


Ke depannya, Hendi masih optimis bisnisnya bisa terus maju dan berkembang. Karena sebenarnya ini tidak hanya soal bisnis saja, tapi juga ada kampanye menularkan semangat gowes yang bisa mengurangi polusi karena eco green. Lewat WMS, Hendi berharap semoga langkah kecil ini bisa memberikan kontribusi terhadap lingkungan.

Westbike Messenger Service

Call center: 021 - 33310808
E-mail: westbikemessengerservice@gmail.com


reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2015/06/westbike-messenger-service-jasa.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment