Tuesday, January 19, 2016

ASTA 'RAN', Perkenalkan Produk Makanan Pendamping Rendang Rawit TABURI




Berawal dari obrolan bersama Andro dan Ildo, Astono Handoko atau Asta ?Ran? sukses berbisnis makanan pelengkap rendang rawit Taburi. Sejak dipasarkan dua tahun silam, rendang rawit Taburi sudah dijual hingga ke Malaysia, Australia, dan Rusia. Awalnya, mereka ingin membuat produk seperti abon cabai, tapi rasanya, produk seperti itu sudah banyak dijual di pasaran. Kemudian, nenek dari salah satu mereka yang berasal dari Padang kebetulan mempunyai resep rendang yang enak. Akhirnya, mereka pun menciptakan makanan pelengkap yang menggabungkan rendang dan cabai rawit di bawah brand Taburi.

Meski menggunakan nama rendang, bukan berarti ada daging sapi di dalamnya. Asta, yang juga telah mematenkan nama Taburi ini, malah menggunakan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Menurut Asta, sebenarnya rendang itu adalah nama bumbu. Dan banyak macam jenis bahan yang bisa diolah bersama bumbu rendang, seperti daging, ayam, paru, dan kacang merah. Sementara yang ia tawarkan adalah cabai rawit yang direndang.





Bahan cabai yang dipakai Asta juga sempat membuatnya kelimpungan. Apalagi saat menjelang bulan puasa, harga cabai bisa melambung hingga Rp 75.000, tapi bulan berikutnya bisa hanya Rp 15.000. Ia pun mensiasatinya dengan menstok bahan saat harganya murah. Rendang rawit ini lalu dijual lewat internet, media sosial, dan bazar. Per bulan, ia bisa menjual dua sampai tiga ribu botol dengan omzet Rp 40-50 juta. Sementara kalau mengikuti bazar bisa laku 1.500 botol per event. Penjualan paling banyak biasanya terjadi di bulan puasa.

Demi memenuhi permintaan pasar, Asta yang mengeluarkan modal sekitar Rp 10 juta ini, pun sengaja menambah karyawan dan menggunakan mesin khusus. Asta menjelaskan, membuat rendang itu memang tidak gampang, sebab harus terus diaduk selama delapan jam. Kalau mengerjakannya pakai tangan tentu saja sangat repot. Oleh karena itu, ia memakai mesin pengaduk, pengering, dan penyegel kemasan. Tapi, untuk sementara, proses memasak masih dilakukan di garasi rumah salah satu temannya. Konsepnya seperti pabrik kecil.





Rendang rawit Taburi memiliki dua varian, yaitu mild yang tidak terlalu pedas dan original untuk penyuka pedas. Menurut gitaris ini, usahanya memiliki peluang yang besar karena orang Indonesia pada umumnya suka makanan yang pedas. Apalagi rendang rawit Taburi ini praktis dan bisa ditaburi di makanan apa saja. Bahkan ditaburkan ke nasi putih saja sudah sangat nikmat.


Taburi Rendang Rawit
Jakarta, Indonesia
Phone: 082265524888



reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2014/07/asta-ran-perkenalkan-produk-makanan.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment