Saturday, January 23, 2016

AGUSTINA DWI KURNIAWATI : Bisnis Kuliner Online Dari Rajin Berbagi Resep Di Blog




Bagi yang gemar berselancar soal kuliner di dunia maya, bisa mencari nama Agustina Dwi Kurniawati. Di blog-nya catatan-nina.blogspot.com, ibu dua anak ini meng-upload ratusan jenis masakan dan kue tradisional sampai modern. Yang patut diacungi jempol, dia juga berusaha memvisualkan hasil masakannya sebagus mungkin layaknya food fotographer profesional. Padahal, wanita tamatan Fakultas Peternakan ini tak menduga bakal bisa menekuni food blogger seperti saat ini. Bahkan, temannya semasa sekolah nyaris tak percaya kalau ia sekarang bisa memasak. Karena saat remaja, Nina mengaku tidak pernah menginjak dapur.

Nina, yang tinggal di Jl. Pahlawan, Pare, Kediri, Jawa Timur ini, mulai belajar memasak lantaran ingin memenuhi keinginan Rosie, suaminya yang kebetulan gemar menikmati makanan dan cemilan. Demi memenuhi keinginan suami, Nina mulai mencoba belajar dengan melihat resep-resep di internet. Tak hanya dari dalam negeri, ia juga rajin membuka-buka resep yang berasal dari luar negeri. Resep-resep kue itu kemudian ia contek dan dipraktikkan di dapur rumahnya. Nina mengaku, namanya juga belajar, kadang usahanya berhasil tapi kadang juga gagal. Namun apa pun hasilnya tetap dinikmati bersama keluarganya.



Setelah berkelana menjelajahi kuliner dunia maya, Nina yang biasa memasak di sore hari ini, makin menyadari betapa menarik dan beragamnya kuliner Nusantara. Ia jadi paham berbagai masakan daerah yang selama ini tidak dikenalnya. Wawasannya tentang masak-memasak makin berkembang setelah bergabung dengan komunitas Natural Cooking Club yang didirikan Fatmah Bahalwan. Semua resep yang ia dapatkan selalu ia praktikkan sampai berhasil. Nina pun semakin terpacu untuk belajar ketika komunitasnya di Facebook juga saling adu kemampuan praktik membuat makanan atau kue. Hasil uji dapurnya selalu ia foto, kemudian diunggah ke Facebook lengkap dengan resepnya. Memang tidak ada hadiahnya, tapi dengan mendapatkan banyak komentar saja, sudah membuat Nina merasa senang sekali.

Tahun 2011, Nina yang awalnya memotret hanya menggunakan kamera ponsel ini, berpikir untuk meng-upload semua karyanya dalam sebuah blog yang diberi nama catatan-nina.blogspot.com. Selama ini, setelah mengunggah foto hasil masakan di FB, ia selalu kebanjiran pertanyaan cara membuat sekaligus bahan resep yang digunakan. Maka dari pada capek menjawab, sekalian saja ia buatkan blog khusus. Di sana selain foto, ia juga menulis resep dan cara pembuatannya. Pada dasarnya, Nina memang karakter wanita yang selalu ingin berkembang. Tak puas dengan hasil foto dari kamera ponsel, tak tanggung-tanggung ia membeli kamera jenis SLR yang canggih dengan kualitas gambar lebih bagus. Karena sebelumnya tidak pernah tahu dunia fotografi, kamera baru itu memaksanya untuk belajar sendiri tanpa bantuan siapa pun. Beruntung, walau hasilnya tidak bagus sekali, akhirnya ia bisa mengetahui dasar-dasar memotret produk.



Berkat konsistensinya berbagi aneka jenis kuliner di blog, namanya pun kini mulai dikenal di kalangan pengguna internet di daerahnya. Sejak itu, banyak yang datang untuk memesan kue atau makanan. Meski awalnya kurang percaya diri, Nina yang juga pernah belajar menghias cakelewat internet ini pun, memberanikan diri menerima pesanan. Sukses menerima pesanan, wanita yang sehari-hari membantu suaminya di usaha peternakan ini, makin rajin belajar resep-resep baru. Bahkan, ia mulai berani berimprovisasi mengembangkan resep sendiri. Ia memadukan satu bahan kue dengan bahan lainnya. Dan sekarang, Nina bersyukur makin banyak pesanan yang ia terima. Nina sendiri sampai saat ini sudah mengunggah sekitar 750 resep di blognya.


Contact Nina :
SMS/WA : 08123189635
(0354) 398374, 395090
Menerima Pesanan Untuk Wilayah Kediri dan Sekitarnya


reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2014/12/agustina-dwi-kurniawati-bisnis-kuliner.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment