Saturday, January 23, 2016

BERKAH KUIRIR, Layanan Kurir 24 Jam Wilayah Jakarta





Siapa bilang ibu rumah tangga tak bisa mengelola bisnis kurir yang biasanya didominasi kaum pria ? Menganggap penyedia jasa kurir adalah lahan bisnis yang masih prospektif, Tirolia Dumasari pun mencoba menekuni usaha tersebut bersama suaminya. Mulanya Sari bekerja di perusahaan kurir yang bernama Gatot Koco, milik kakaknya. Kemudian, ketika usaha tersebut sempat meredup ia pun coba membenahi manajemen dan sistem yang ada, serta mengganti nama usahanya menjadi Berkah Kurir. Idenya bermula untuk mengakomodir keperluan para bakul kue mengirim kue pesanan mereka pada para pelanggannya.

Awalnya, Sari turut andil bersama suami dan satu orang pegawai untuk mengantar jemput barang. Mereka menggunakan perangkat seperti boks serta freezer yang sesuai untuk berbagai ukuran kue. Untuk tenaga kurir sendiri, Sari menerapkan sistem yag fleksibel. Ada kurir yang sudah bergabung di usahanya sejak awal berdiri. Lainnya, jika order sedang banyak sekali, ia memakai tenaga kurir freelance yang sudah terbiasa bekerja sama dengan Berkah Kurir. Di antara mereka ada yang masih mahasiswa, dan ada juga karyawan yang mencari uang tambahan dengan menjadi kurir di akhir pekan.

Sari pun masih siaga membantu suami dan kurirnya untuk mengantar jemput barang, terutama bila ada barang yang sifatnya harus diantar pakai mobil, karena ia sendiri memang tidak bisa membawa motor. Jadi, biasanya setelah menjemput anaknya pulang sekolah, ia bisa sekalian mengambil dan mengantar barang. Yang menyenangkan, usaha kurir yang terletak di kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur ini, juga menyediakan layanan yang sangat personal. Misalnya, ada pelanggan yang ponselnya atau dokumen pekerjaannya ketinggalan di rumah. Mereka bisa minta diambilkan lalu diantar ke kantornya.

Lama berkecimpung dalam bisnis jasa kurir, Sari pun menemukan celah yang menjadi unggulan bisnisnya. Menurutnya, saat ini masyarakat ibukota memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Berbagai acara bisa dilakukan kapan saja. Tak jarang acara ulang tahun kerap diadakan pada tengah malam atau dini hari. Melihat hal itu, Sari mencoba merebut simpati klien dengan melayani jasa pesanan kurir hingga di luar jam yang lazim. Jadi, Berkah Kurir siap mengambil barang atau mengirim kue ulang tahun pada pukul 01.00 atau 03.00 dini hari. Selama ini, jam kerja kurir biasanya hanya dari pagi hingga sore. Selebihnya, sudah tidak bisa melayani pengiriman. Di situlah, Sari melihat ternyata banyak sekali orang yang memerlukan kue pesanannya tiba pada saat malam hari.

Kini, Berkah Kurir justru dikenal sebagai kurir 24 jam yang siaga melayani hingga malam maupun dini hari. Biasanya, bila kurir dari perusahaan lain sudah tidak terima antar jemput saat malam hari, pelanggannya akan order ke Berkah Kurir. Sari menceritakan, ia pernah mengambil kue pada pukul 00.00 malam untuk diantar pukul 05.00 pagi. Bila rentang waktunya seperti itu, kue tersebut akan disimpan dulu dalam freezer. Sari mematok biaya Rp 65.000-Rp 85.000 untuk pengiriman di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sementara jika harus menggunakan mobil, biayanya berkisar Rp 200 ? 250 ribu.

Sepanjang ia berbisnis, Sari pun belajar banyak soal pengemasan barang yang akan dikirim. Jika pengiriman sedang padat, ia akan menggunakan boks yang sudah dimodifikasi di bagian dasarnya dengan aluminium foil dan es batu, agar kue tetap dalam suhu dingin. Untuk beberapa jenis cakememang tidak bisa sembarang kirim. Karena suhu di Jakarta sering panas sekali, maka ia harus bisa menyediakan boks yang memiliki cooler.


Contact :
Pin
BB : 267E6972
telp : 081513895426


reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2014/12/berkah-kuirir-layanan-kurir-24-jam.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment