Saturday, January 23, 2016

Toples IFED'S. Kreasi Flanel Di Atas Toples karya FEDISA RISMARINI




Ifed adalah panggilan Fedisa Rismarini, seorang ibu rumah tangga lulusan ilmu Informatika Universitas Pembangunan Nasional yang sukses menyulap flanel menjadi hiasan untuk aneka toples.

Bermula dari hobi membuat berbagai handycraft dari bahan flanel, Ifed yang di pertengahan tahun 2009 belum memiliki pekerjaan tetap setelah menikah ini memutuskan untuk menjual beberapa hasil karyanya, seperti gantungan kunci dan boneka flanel. Setelah beberapa lama, idenya berkembang untuk mengaplikasikan flanel sebagai hiasan toples. Tak disangka, dari awalnya hanya coba-coba, produknya malah disukai banyak orang. Pesanan pun membanjir.

Kebanyakan pembeli melihat produk-produk Ifed melalui website, http://fedscraft.ariefedisa.com. Dari situ, Ifed pernah menerima orderan toples hingga 5 lusin. Toples buatan Ifed pun tak dipatok dengan harga mahal, masing-masing berkisar Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu per toples dengan bentuk dan warna yang berbagai macam, hingga banyak pilihan.


Saat ini, produk yang dilabeli merek Ifed's ini sudah tersebar di beberapa toko di daerah Jogjakarta, juga kota-kota lain seperti Semarang dan Temanggung. Dalam sehari, Ifed bisa memproduksi 10 sampai 15 toples dengan model yang berbeda di rumahnya di Jl Atmoskarto 9 H2, Kotabaru, Yogyakarta.

Keuntungan yang diraup Ifed dari berjualan kemasan unik ini ternyata cukup lumayan untuk ukuran industri rumah tangga. Dalam seminggu Ifed mampu meraih paling tidak Rp 1,7 juta. Jika ada momen istimewa seperti Lebaran dan Natal, toples-toples lucu buatan Ifed semakin laku. Permintaan paling jauh sudah sampai Medan dan Aceh. Yang pesan dari Kalimantan pun juga cukup banyak.

Saking banyaknya peminat, Ifed juga menyediakan parsel toples dengan harga yang cukup terjangkau, mulai Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu saja per paket. Menurut Ifed, usaha ini ongkos produksinya murah sekali, namun keuntungannya besar. Bahan flanel yang dipakai memang murah dan mudah didapatkan. Selanjutnya tinggal mengkreasikannya saja.



Ketika memulai bisnis ini, Ifed bahkan mengaku hanya mengeluarkan uang sangat sedikit. Dia masih ingat, dulu modalnya hanya Rp 50 ribu. Saat ini, Ifed masih menyimpan cita-cita, suatu saat bisa memiliki toko pernak-pernik sendiri untuk menjual berbagai hasil karyanya.

Lantaran hobi, Ifed pun tak pernah merasa bosan membuat pernak-pernik dari flanel. Saat mengerjakannya ia seperti tidak merasa sedang bekerja. Kegiatan itu biasa ia lakukan sambil santai di rumah, dan tanpa terasa produk yang dihasilkannya sudah banyak, sehingga bisa langsung dijual lagi.




Contact Fedisa Rismarini :
Alamat : Jl. Atmosukarto 9 H-2 Rt/Rw : 010/003 Kotabaru Yogyakarta 55224
Telp : 087838910900





reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2013/12/toples-ifeds-kreasi-flanel-di-atas.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment