Saturday, January 23, 2016

CELEBES CHOCOLATE : 100% Murni Dari Bahan Kakao Sulawesi



Sulawesi sebagai wilayah penghasil kakao terbesar di Indonesia tak diragukan memiliki kakao yang berkualitas. Dengan hasil yang melimpah, peluang ini pun dimanfaatkan para entrepreneur untuk berbisnis cokelat olahan. Soal rasa tak kalah dengan produk luar, sensasi memakan cokelat olahan asli Sulawesi ini menjadi pengalaman yang seru. Salah satunya adalah cokelat olahan yang dihasilkan oleh Teaching Industry Universitas Hasanuddin (Unhas). Perguruan tinggi negeri terkemuka di Makassar ini ternyata bisa memproduksi cokelat bekualitas. Tak hanya menawarkan produk siap santap, olahan cokelat yang diberi nama Celebes ini juga menawarkan peluang usaha kepada industri rumah tangga.

Soal asal-usul nama Celebes, menurut Prof. Salengke yang menjabat sebagai Ketua Unit Teaching Industry, Unhas menjelaskan bahwa pada awalnya memang banyak nama yang diajukan. Salah satunya Phinisi. Tapi nama itu sepertinya terlalu identik dengan Bugis, padahal kakao milik semua wilayah Sulawesi, sementara produk yang ingin diangkat pun juga harus bercitra Sulawesi. Jadi rasanya sangat pas kalau dinamakan cokelat Celebes, yang merupakan cokelat dari bahan kakao murni yang dibuat di Sulawesi. Juni 2013, Teaching Industry Unhas pun diresmikan oleh Menteri Pertanian. Dan sejak peresmian itu, Celebes cokelat mulai berproduksi. Tentu banyak proses yang harus dilalui. Trial and error pun dilakukan sepanjang tahun hingga akhirnya mendapatkan formula yang pas.

Untuk mendapatkan produk olahan cokelat yang berkualitas, ada sembilan tahap yang harus dilakukan. Kesembilan tahap itu membutuhkan sembilan mesin dengan tugas yang berbeda. Mulai dari pemisahan biji kakao dari kulit, penghancuran biji, pemisahan cokelat yang berbentuk pasta dengan lemak kakao hingga jadi bubuk cokelat. Kemudian bubuk cokelat diolah untuk mendapatkan cokelat yang diinginkan. Setiap harinya, diproduksi sekitar 20 kilogram biji kakao yang didapat langsung dari kelompok tani. Bila stok masih ada banyak, maka akan dihabiskan dulu untuk produksi sesuai dengan jumlah permintaan. Produksi akan dimulai kembali apabila permintaan sudah kembali banyak. Tantangan untuk mendapatkan pasar memang menjadi permasalahan hingga saat ini. Dan mereka pun terus berupaya untuk bekerja sama dengan berbagai pihak.

Harga cokelat Celebes mulai dari Rp 5000 hingga Rp 160.000. Celebes juga menyediakan cokelat berkualitas yang bisa diolah kembali oleh industri rumah tangga. Mereka menawarkan cokelat dalam bentuk blok dengan berat 1 kilogram seharga Rp 200.000. Selain itu ada juga pelatihan yang dibuka bagi yang berminat untuk mencoba peluang bisnis cokelat. Beberapa kali ada ibu-ibu PKK yang datang untuk praktik mengolah cokelat di tempat ini. Cokelat Celebes yang diproduksi Teaching Industry ini memang tak semata mengejar keuntungan. Mereka memang ingin bisa membantu industri rumah tangga untuk mendapatkan cokelat dengan kualitas yang bagus dengan investasi yang tidak besar. Mereka pun akan mengajarkan juga cara pengolahan cokelat Celebes karena pelakuannya berbeda dengan cokelat campuran yang ada di pasaran. Untuk cokelat Celebes ini ada teknik tempering. Maka dengan modal hanya Rp 600.000, siapa pun bisa memulai berbisnis cokelat.

Untuk mendapatkan produk cokelat Celebes, masyarakat masih harus mendapatkannya langsung ke gedung Teaching Industry di Unhas. Saat ini cokelat Celebes memang masih dalam proses dengan salah satu peritel besar. Sampel produk yang mereka ajukan sudah diterima dengan baik, tinggal menunggu proses selanjutnya. Begitu juga dengan pihak swasta lainnya yang ingin bermitra. Mereka sudah siap apabila harus memproduksi dalam jumlah yang besar. Diharapkan, dengan hadirnya produk Celebes ini, maka kakao Sulawesi bisa naik kelas. Selain berdampak menghidupkan ekonomi, juga bisa dimanfaatkan industri rumah tangga. Ini menjadi pembuktian bahwa Celebes mampu memproduksi 100% kakao dari Sulawesi tanpa tambahan kakao dari tempat lain. Cita rasanya pun khas. Banyak produsen cokelat yang masih beranggapan bahwa kakao asli Sulawesi tidak akan bisa menghasilkan cita rasa cokelat yang bagus apabila tidak dicampur dengan kakao dari Ghana. Padahal cokelat Celebes memang murni 100% kakao dari Sulawesi asli.


reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2015/06/celebes-chocolate-100-murni-dari-bahan.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment