Saturday, January 23, 2016

LUCY TRISNA MAYASANTI, Pemilik SERBA SUSU LEMBANG, Perintis Olahan Produk Susu




Lembang yang berlokasi di Bandung Barat dikenal sebagai pusat sapi perah. Sayangnya, harga jual susu sapi di sana bisa dibilang rendah. Hal inilah yang membuat Lucy Trisna Mayasanti, mendirikan Serba Susu Lembang. Ia ingin mengolah produk susu dari berbagai kelompok ternak di Lembang agar bernilai jual lebih tinggi. Lucy sendiri sudah menjadi peternak sapi perah sejak 2001. Maka ia bisa merasakan sendiri kalau harga harga jual susu sapi murni sangat murah dan usaha peternakan sapi perah pun tidak akan memiliki nilai tambah bila hanya menjual susu saja. Kalau dibiarkan terus begitu, lama-kelamaan jumlah sapi pun tidak akan bisa bertambah, karena taraf ekonomi petenak yang biasa saja.

Nilai jual susu sapi perah memang tak seimbang dengan biaya pemelihataan sapi. Bahkan kadang suka minus. Oleh karena itu, di tahun 2009 Lucy mendirikan Serba Susu Lembang. Dan niat baiknya membuahkan hasil. Sejak Serba Susu Lembang berdiri, para peternak mampu bertahan dan terbilang sukses. Di Serba Susu Lembang Lucy mengolah susu menjadi yoghurt yang ternyata laris dibeli. Sayangnya, susu dan yoghurt mempunyai batas kadaluarsa yang singkat. Apalagi produknya tidak memakai bahan pengawet. Lucy pun langsung memutar otak dan membuat produk susu lain. Menurutnya, bahan dasar susu sangat disukai oleh anak-anak sampai orang tua asalkan rasanya cocok.





Meski tak selalu mulus, tapi Lucy yakin akan menemukan jalan keluar sebab ia ingin memajukan orang lain. Ia merasa bertanggung jawab terhadap banyak orang. Itulah yang memotivasinya untuk bertahan. Ia terus memikirkan bagaimana caranya produk Serba Susu Lembang bisa dikenal walaupun bujetnya sangat minim. Akhirnya kesulitan Lucy dalam pemasaran terpecahkan saat ia bertemu dengan Adjie, yang berkecimpung di usaha EO (event organizer) dan mengajaknya bekerjasama. Campur tangan Adjie dalam Serba Susu Lembang dinilai membantu kemajuan usaha Lucy. Jadi, selain menawarkan wisata belanja di Serba Susu Lembang, Adjie juga melengkapinya dengan program edukasi yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Bersama Adjie, Lucy mengenalkan program, tentang susu dan pengolahan susu dengan berbagai macam paket, seperti edu-kuliner atau wisata kampung.





Jatuh bangun Lucy dalam mengelola Serba Susu Lembang pun akhirnya terbayar. Kini, ia memproduksi susu murni, yoghurt, dodol susu, bagelen susu, permen susu, pai susu, donat susu, hingga es krim susu. Rasa susu dalam hasil olahannya juga dominan dan lezat karena menggunakan bahan baku susu murni berkualitas terbaik dan diolah secara higienis. Bicara soal nama, nama Serba Susu Lembang sengaja dipilihnya karena ingin menjadi perintis. Lucy ingin Serba Susu Lembang menjadi pionir olahan produk susu karena ia sadar tidak ada yang tidak bisa dibuat dari susu. Apalagi dengan kualitas susu yang bagus, pasti rasanya lebih enak. Yang terbaru Lucy telah berhasil membuat rempeyek susu dan kerupuk susu bersama Kelompok Usaha Pengolah Susu di Serba Susu Lembang.




Info Tour Guide Serba Susu Lembang :
Rumah Produksi Serba Susu Lembang
Jl. Sesko AU No.7
Lembang , Bandung
Kontak :
Mobile : 0822 1723 5711 (Zaky)
Mobile : 0818 0211 8548 (Adjie)
Mobile : 0878 2515 8327 (Detha)

Jakarta Sales Officer :
021 3644 6605
email :
infopotato@yahoo.com



reff : http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2014/06/lucy-trisna-mayasanti-pemilik-serba.html


Related Post :


Loading...


No comments:

Post a Comment